Otonymous – Setelah sukses menggelar acara Nonton Bareng (Nobar) MotoGP perdananya dengan tajuk ‘SMC Bekasi Nonton Bareng MotoGP Seri Ricardo Tormo Valencia’, Minggu (8/11) lalu, para bikers Suzuki yang tergabung didalan wadah Suzuki Motorcycle Club (SMC) Bekasi Raya kembali melaksanakan agenda perdana lainnya, yakni Sunmori (Sunday Morning Ride).

Kegiatan kali ini dalam rangka memperingari Hari Pahlwan yang biasa diperingati setiap tanggal 10 November. Panitia bersama gabungan dari klub/ komunitas Bikers Suzuki yang ada di Bekasi Raya (Kabupaten dan Kota Bekasi) menggelar Sunmori dan Baksos yang bersinergi dengan Komunitas Rela Baik, YADISKA dan CBS (Classic Bikers Shop).
Dengan tajuk ‘Tapak Tilas Hari Pahlawan’, Sunmori dan Baksos SMC Bekasi Raya ini mengambil lokasi finish di Tugu Proklamasi Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, Minggu (15/10). Tidak kurang dari 350an orang mengikuti kegiatan ini yang datang dari Jabodetabek, Cikarang dan Karawang.

Dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, titik keberangkatan dibagi menjadi tiga titik kumpul (Tikum). Pertama dari area CBS Bulak Kapal, Jl. Ir. H. Juanda, Margahayu, Bekasi Timur sekitar pukul 07.00 WIB yang dibagi beberapa grup riding dengan jeda waktu 10 menit antar grupnya untuk menghindari ada penumpukan saat mereka riding.
Sesuai dengan tema acara, grup yang berangkat dari CBS Bulak Kapal terlebih dahulu melakukan seremonial mengheniningkan cipta di Taman Makam Pahlawan Patriot Bangsa, Kota Bekasi yang dipimpin langsung oleh Bro Juli, Ketua Pelaksana acara. Tikum Kedua di putaran GCC Cikarang lalu Ketiga di area parkir Dealer Suzuki SSU Jari Sakti, Karawang Barat.

“Tujuan dari acara ini untuk mempererat tali persaudaraan antar bikers suzuki, khususnya yang ada di Bekasi Raya sekitarnya agar lebih saling mengenal, termasuk dengan kalangan masyarakat umum. Juga mengajak kawan-kawan bikers untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan dengan kegiatan positif,” jelas Bro Juli.

Setibanya seluruh peserta tiba di lokasi acara, mereka pun mengesplor area sekitar Tugu Proklamasi Rengasdengklok yang dibuat untuk mengenang peristiwa penculikan Bung Karno dan Bung Hatta, Tokoh Proklamator pada tanggal 16 Agustus 1945 oleh sejumlah pemuda yang medesak agar mempercepat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Disini juga pernah menjadi markas Pembela Tanah Air (PETA).

Aktifitas Baksos Disekitar Tugu Proklamasi Rengasdengklok
Menjadi rangkaian acara ini, serangkaian aksi sosial pun dilakukan yang menyasar masyarakat sekitar tugu. Tim Relawan Baik menyerahkan sejumlah perlengkapan sholat dan penyemprotan desinfektan di area Mesjid serta rumah warga sekitarnya.
Dari YADISKA melakukan pengobatan gratis kepada 110 warga sekitar mesjid berikut donasikan masker serta nasi box gratis. Lalu dari CBS mendonasikan 100 Kitab Suci Al-quran dan 200 mukena untuk mesjid dan pengajian ibu-ibu dan anak-anak.

Sedangkan dari panitia SMC Bekasi Raya mendonasikan sejumlah uang hasil sumbangan spontan atau ‘ngecrek’ dari peserta saat registrasi ulang untuk membantu pembangunan tempat pengajian ibu-ibu dan anak-anak yang berada tidak jauh dari masjid.

“Dalam kegiatan ini kami sengaja bersinergi dengan Komunitas Rela Baik dan YADISKA agar dampak positifnya lebih terasa bagi masyarakat. Kita juga ingin meningkatkan potensi wisata dan perekonomian daerah, khususnya tempat-tempat bersejarah seperti Tugu Proklamasi Rengasdengklok ini,” ujar Bro Tatto Sapoetra akrab disapa Eyang Tatto, Founder SMC Bekasi Raya selaku penggagas acara ini.

Atas terlaksananya acara Sunmori dan Baksos SMC Bekasi Raya ini, Bro Juli mewakili panitia mengucapkan terima kasih atas antusiasnya peserta yang mengikuti acara ini. “Tak lupa kami ucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak mulai dari PT. Suzuki Indomobil Sales (PT.SIS), JPX Helmet, Yuasa Battery, oli Syneral, CBS serta elemen dan instansi masyarakat sekitar Tugu Proklamasi Rengasdengklok,” tutup Bro Juli. (AQ/Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here