Otonymous – XPANDER Rally Team (XRT) kembali melakukan uji coba sepanjang 75 kilometer atau kurang lebih sebanyak 20 Spesial Stage (SS) pada mobil Mitsubishi XPANDER AP4 pada Sabtu (25/7) ini. Berlangsung di Central Park Meikarta, Cikarang, Jawa Barat, uji coba berjalan lancar dan banyak memberi masukan berharga.

Dalam uji coba kali ini XRT mencoba mengumpulkan berbagai data penting terutama dalam hal set up suspensi dan penggunaan ban.

Panjang lintasan Meikarta sendiri mencapai 3,5 kilometer, dimana lintasannnya 60 persen gravel dan 40 persen aspal.

“Uji coba kali ini terbilang unik mengingat lintasan Meikarta merupakan kombinasi antara gravel dan aspal. Jadi kami menghadapi tantangan bagaimana melakukan set up yang pas antara lintasan di bagian gravel dan aspal,” ucap Team Manager Julian Johan.

Menurut Jeje, sapaan Julian Johan, dibanding uji coba sebelumnya, perubahan set up pada XPANDER AP4 lebih banyak pada bagian kaki-kaki terutama suspensi. Namun itu pun hanya pada posisi low speed bump.

“Per yang kami gunakan di Meikarta tetap sama. Hanya saja kami melakukan berbagai set up agar dapat menjawab tantangan pada lintasan yang memiliki kombinasi gravel dan aspal ini,” papar Jeje.

Sama seperti di Sirkuit Tembong Jaya, di Meikarta pun Mitsubishi XPANDER AP4 mendapat perhatian dari pereli lainnya. Kebetulan uji coba kali ini dilakukan pada acara latihan bersama yang diselenggarakan oleh Pengurus Provinsi IMI Jawa Barat. Kegiatan itu sendiri diselenggarakan sekaligus latihan penerapan protokol COVID 19 untuk event motorsport. Sekitar 25 mobil reli hadir di Meikarta dalam latihan bersama  ini.

Di sela-sela uji coba XRT selain mengajak beberapa pereli untuk duduk di sebelah Rifat Sungkar saat melakukan testing, Rifat juga mengajak beberapa youtuber antara lain Oom Mobi, Zico Garasi Drift, Bubur Ayam Racer, Akbar Rais dan Gading Marthen untuk merasakan langsung keandalan XPANDER AP4. Sebagian besar mengaku tidak menyangka bahwa Mitsubishi XPANDER yang berkategori LMPV dapat menjadi mobil reli yang andal.

“Uji coba kali ini cukup menarik. Kami mendapat banyak data yang berharga, mulai dari set up suspensi, ban sampai konsumsi air untuk turbo,” papar Rifat Sungkar.

Menurut Rifat semua data tersebut akan dianalisis bersama tim Ralliart yang ada di Selandia Baru. “Kami terus melakukan komunikasi dengan Ralliart Selandia Baru. Informasi dan data yang kami peroleh akan kami kirim ke mereka untuk dievaluasi bersama,” ucap Rifat.  “Yang pasti, uji coba hari ini banyak memberikan data yang sangat berharga dalam usaha meningkatkan performa Mitsubishi  XPANDER AP4,” tutur Rifat.

Pada kesempatan yang sama, Rifat pun menyatakan rasa senangnya atas dukungan pengembang Meikarta atas kegiatan latihan bersama ini. “Saya senang sekali mendapat bisa berada di Meikarta, perumahan yang baru berkembang yang memiliki taman yang bagus dan memberi dukungannya untuk kegiatan-kegiatan olahraga otomotif Indonesia khususnya untuk daerah Jabodetabek.” (AQ/Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here