Otonymous – Forwot Car of the Year dan Forwot Motorcycle of the Year merupakan salah satu bentuk apresiasi dari FORWOT kepada para produsen kendaraan roda-dua dan roda-empat di Tanah Air yang telah menghadirkan produk-produk terbaik berkualitas bagi masyarakat Indonesia. Selain itu FMY dan FCY bisa menjadi rujukan masyarakat dalam memilih kendaraan.

Saat ini FMY & FCY 2019 telah memasuki babak 5 Besar (Big 5). Berdasarkan abjad, lima sepedamotor terbaik tahun ini yang akan dipilih sebagai FORWOT Motorcycle of the Year 2019 adalah Honda ADV 150, Kawasaki Ninja 250, Suzuki GSX150 Bandit, Yamaha FreeGo dan Yamaha MT-15.

Sedangkan lima finalis FORWOT Car of the Year 2019 adalah DFSK Glory 560, Honda Brio,  Mazda 3, Suzuki Jimny dan  Wuling Almaz.

FORWOT Motorcycle of the Year dan FORWOT Car of the Year selalu melibatkan para anggota FORWOT yang terdiri dari pewarta industri otomotif di Indonesia untuk melakukan proses seleksi yang dilakukan dalam dua tahap. Pertama, panitia yang ditunjuk melakukan seleksi terhadap sepedamotor dan mobil yang dirilis oleh Agen Pemegang Merek (APM) anggota AISI (Asosiasi Sepedamotor Indonesia) dan anggota GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).

Jeffry Yanto Sudibyo sebagai Ketua Panitia menyatakan, “Untuk FORWOT Motorcycle of the Year 2019 adalah motor-motor terbaru yang diluncurkan di Indonesia pada periode September 2018 sampai Agustus 2019, terkumpul sebanyak 15 motor, masuk dalam seleksi. Sementara untuk mobil-mobil yang  yang diluncurkan di Indonesia sepanjang periode Agustus 2018 – Juli 2019, terkumpul 36 model.”

Adapun lima finalis FORWOT Motorcycle of the Year 2019 dan FORWOT Car of the Year 2019 merupakan pilihan dari para anggota FORWOT sebagai pilihan terbanyak. Desain, Kenyamanan, Keamanan, Nilai Ekonomis, Handling, Performa, Fungsional, Keramahan Lingkungan, Pengalaman Berkendara, serta Harga menjadi perhatian penting.

Tahap kedua adalah Panitia FORWOT Motorcycle of the Year 2019 dan FORWOT Car of the Year 2019 akan menunjuk 21 Juri dari perwakilan sejumlah media yang tergabung di FORWOT untuk melakukan voting dengan setiap Juri akan mendapat modal 25 poin sebagai penilaian terhadap masing-masing finalis.

Wakil Ketua Umum FORWOT, Zainal Abidin menyatakan bahwa kriteria penilaian diberikan berdasarkan objektivitas para jurnalis yang sudah mengetahui, melihat, dan merasakan secara langsung motor dan mobil tersebut.

“Masyarakat akan bisa mengetahui motor dan mobil terbaik 2019 di Indonesia  versi pewarta otomotif seluruh Indonesia. Pengumuman FORWOT Motorcycle of the Year 2019 akan dilakukan pada 15 Oktober 2019 mendatang di Jakarta,” ujar Zainal. (AQ/Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here