Otonymous – Penghargaan motor terbaik yang diselenggarakan oleh Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) yang merupakan agenda tahunan ini merupakan bentuk apresiasi kepada produsen sepeda motor yang tergabung dalam Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

Forwot Motorcycle of the Year juga sebagai bentuk informasi serta referensi terkait motor – motor terbaik di Indonesia dalam satu tahun terakhir. Di tahap pertama penjurian motor – motor yang masuk nominasi merupakan produk terbaru yang sudah terjun ke pasar dalam periode September 2018 sampai Agustus 2019. Ditahap awal terdapat 15 motor baru yang dipasarkan oleh masing-masing agen pemegang merek dalam periode tersebut. Jenisnya cukup banyak mulai dari naked bike, sport bike sampai skutik, dan penjurian ini melibatkan sekitar 83 juri dari berbagai media.
Kemudian terpilihlah sekitar 5 motor dari hasil penjurian tahap pertama ini. Kelima motor ini adalah Honda ADV 150, Yamaha MT 25, Suzuki GSX Bandit 150, Yamaha Freego, serta Kawasaki Ninja 250. Kemudian dari kelima motor ini memasuki tahap final penjurian yang dimana juri – jurinya merupakan hasil seleksi dari FORWOT sendiri berdasarkan pengalamannya.

 

Pada tahap final ini penjurian terdiri dari 21 juri yang menilai dan masing – masing mengantongi 25 point. Beberapa aspek penilaian akhirnya memutuskan Honda ADV 150 sebagai Motorcycle of the Year 2019. Honda ADV 150 ini mengantongi 144 poin, sedangkan Yamaha MT 25 menempati posisi kedua dengan 105 poin, Suzuki GSX Bandit 150 dengan 93 poin, Yamaha Freego dengan 93 poin serta Kawasaki Ninja 250 dengan 90 poin.

Hasil penilaian ini merupakan hasil dari dewan juri yang memiliki pengalaman yang fokus dalam sejumlah aspek seperti design, kenyamanan, kemananan, nilai ekonomis, handling, peforma, fungsional, keramahan lingkungan serta pengalaman berkendara dan harga. (AQ/Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here