Otonymous – Setelah menghadirkan kesuksesan dan kemeriahan dalam lima kali penyelenggaraan gelaran diecast terbesar di Tanah Air, tahun ini gelaran Indonesia Diecast Expo (IDE) akan diselenggarakan untuk yang keenam kalinya yaitu pada 26 – 27/10/19 mendatang. Ajang IDE 2019 kali ini akan dilangsungkan di Hall 3A, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan menyuguhkan program yang lebih spektakuler dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dengan bintang tamu yang istimewa dari dunia diecast.

Dengan luas total area hingga 5.000 meter persegi, ajang IDE 2019 ini akan menampilkan acara yang lebih dari sekedar ajang jual beli diecast, namun benar-benar menjadi gelaran dunia diecast dengan ekosistem terlengkap dan terbesar di Tanah Air. Tahun ini, kemeriahan gelaran diecast ini bahkan akan lebih istimewa dengan kehadiran desainer senior Hot Wheels asal Amerika Serikat, Brendon Vetuskey. Desainer yang terkenal dengan karya Hot Wheels Bel Air Gasser ini akan menjadi salah satu bintang tamu The 6th IDE 2019 dari sederet tamu diecaster asal mancanegara lainnya.

Selain Brendon Vetuskey, juga akan hadir kembali eks-desainer Hot Wheels Jun Imai yang terkenal dengan karya Hot Wheels Datsun Bluebird 510 serta Christian Coujin yang merupakan pemilik museum Porsche RWB (RAUH-Welt Begriff) yang mobilnya juga akan hadir dalam skala 1:1 di ajang The 6th IDE 2019.

“Kesuksesan penyelenggaraan Indonesia Diecast Expo (IDE) sebelumnya yang telah berlangsung selama lima tahun berturut-turut menjadi pembuktian bahwa event ini merupakan tolak ukur industri diecast Tanah Air. Hal ini juga semakin menguatkan bahwa industri diecast merupakan industri kreatif yang potensial di Indonesia,” ujar Feldani Effendy, Public Relations IDE 2019.

Sejak pertama kali diselengarakan pada tahun 2014, total transaksi yang terjadi terus menunjukkan trend yang meningkat. Selain itu jumlah pengunjung setiap tahunnya juga selalu mengalami peningkatan, mulai dari 10.742 pengunjung di 2014 hingga 13.335 orang pengunjung di tahun 2018. Tak hanya itu, dalam tiga tahun terakhir ajang IDE juga dihadiri oleh bintang tamu internasional seperti Hell’s Dept dari Jepang pada tahun 2016, serta dua diecaster internasional asal Amerika Serikat yaitu Chris Strangler pada tahun 2017, dan Jun Imai pada 2018.

The 6th Indonesia Diecast Expo (IDE) kali ini mengangkat tema “Amazing” sebagai penanda bahwa IDE akan bertransformasi menjadi sebuah gelaran “Luar Biasa” yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya serta menyasar pangsa pasar lebih luas. Gambar miniatur mobil dan pesawat pada logo IDE 2019 kali ini juga sekaligus mengedukasi khalayak luas bahwa diecast tidak terbatas hanya pada miniatur mobil saja, melainkan juga miniatur-minatur lainnya seperti pesawat. Selain itu nuansa berwarna pink pada IDE kali ini bertujuan untuk menargetkan pangsa pasar baru di industri diecast, salah satunya adalah para wanita.

Khusus tahun 2019 ini, IDE berkerja sama dengan komunitas Gasser Diecast Community (GDC) mengadakan acara Dinner bersama Brendon Vetuskey. Yang istimewa dari acara Dinner ini, setiap peserta yang mendaftar akan mendapatkan souvenir langsung dari Brendon Vetuskey berupa mobil ’55 Bel Air Gasser CODE 3 dengan Edisi Terbatas yang hanya dibuat sebanyak 100 buah. Jenis mobil CODE 3 ini sangat istimewa karena dalam sejarah diecast dalam negeri baru pertama kali ini diluncurkan di Indonesia.

“Tahun ini kami pastikan para pecinta diecast Indonesia akan mendapatkan pengalaman yang lebih seru di IDE 2019 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. IDE 2019 tak sekedar menampilkan koleksi diecast, akan juga tampil mobil-mobil skala 1:1, lomba balap diecast, lomba custom diecast yang istimewa hingga ke acara eksklusif dengan salah satu diecaster terkemuka dari luar negeri,” ujar Feldani. “Bahkan kegiatan makan malam (Dinner) kemungkinan bisa menjadi langkah awal untuk menghadirkan ajang bergengsi tingkat dunia yaitu Hotwheels Collector Convention di Indonesia.”

Dalam perjalanan menyambut acara puncak IDE 2019, telah dilakukan beberapa kegiatan “Road to IDE 2019” sejak awal tahun, yang diantaranya dilakukan di beberapa kota antara lain Surabaya, Malang, Makassar serta di Pulau Bali, juga di luar negeri yaitu di Malaysia, Singapore dan Thailand. Team IDE 2019 juga turut serta pada beberapa gelaran komunitas antara lain South Tangerang Community Gathering, Mercedays Bandung 2019, Mini Day Bandung 2019, Autovaganza 2019, Jamnas VW 2019, dan Isee Fest 2019.

Ajang IDE 2019 juga menjadi ajang kolaborasi dengan beberapa gelaran dan komunitas terkemuka di Indonesia seperti Indonesia Modification Expo (IMX), Parjo, Jakarta Diecast Project, Indonesia Diecast Content Creator, dan lain-lain.

Sebagai sebuah tradisi yang dilakukan sejak IDE pertama, pada IDE 2019 kali ini juga akan mengumpulkan donasi dari para kolektor, komunitas, dan pengunjung yang hadir. Seluruh unsur pendukung IDE telah sepakat untuk senantiasa mendonasikan sebagian koleksinya untuk dilelang. Jumlah yang terkumpul akan disalurkan seluruhnya kepada yayasan yang telah ditunjuk pihak penyelenggara. (AQ/Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here