Otonymous – Moment libur panjang Hari Raya Idul Fitri telah usai, masyarakat yang memanfaatkan waktu libur dengan mudik kembali melakukan rutinitas seperti biasa dimana mereka tinggal. Tak luput juga kendaraan yang digunakan pada saat perjalanan liburan atau mudik tetap harus dijaga kondisinya juga. Kali ini Daihatsu yang ingin terus lebih dekat dengan konsumennya memberikan tips dan trik merawat kendaraan setelah digunakan dalam perjalanan.
Daihatsu memberikan referensi untuk membawa ke bengkel resmi Daihatsu yang sudah memiliki standart operasional yang baik. Kali ini Daihatsu memberikan tips dan trik sederhana yang perlu dilakukan ketika membawa kendaraan kita ke bengkel diantaranya : 
1. Pengecekan oli
Pastikan oli di kendaraan kita tetap terjaga dengan baik dengan memeriksa dengan memastikan tidak ada kebocoran atau rembesan, karena biasanya setelah digunakan untuk perjalanan yang lumayan jauh dan lama suhu mesin terus naik dan membuat kekentalan oli serta volume nya berkurang dan pastikan oli tetap baik.
2. Kaki – kaki 
Kendaraan yang kita gunakan pasti melewati kondisi jalan dengan beranekaragam, alias tidak semuanya mulus. Hal ini membuat komponen kaki – kaki yang menopang kendaraan wajib di cek seperti shockbreaker, lower arm serta kondisi ban.
3. Rem
Perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama, memberikan beban pada sektor pengereman juga bekerja lebih keras. Pastikan ketebalan kampas rem masih dalam keadaan yang baik. Sahabat dapat mengganti komponen ini apabila memang sudah mencapai batas maksimal dan jangan lupa untuk mengisi minyak rem apabila berkurang dari takaran yang seharusnya sesuai rekomendasi dari pabrik.
4. Filter Bahan Bakar
Selama perjalanan mudik, kadang Sahabat terpaksa mengisi bahan bakar tidak sesuai dengan oktan yang direkomendasikan karena ketersediaan bahan bakar di area tersebut. Pastikan Sahabat juga mengecek filter bahan bakar, dan dapat menggantinya untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.
5. Interior dan Filter AC
Pastikan Interior kendaraan Sahabat bersih dari sisa makanan dan minuman di dalam kabin. Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari kabin hingga bagasi agar tidak menyebabkan aroma yang tidak sedap dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin. Jangan lupa bersihkan saringan udara AC.
“Pelanggan dapat menjaga kendaraan Daihatsu agar tetap dalam kondisi prima setelah digunakan dalam perjalanan panjang. Sahabat dapat mempercayakan kendaraan Sahabat ke bengkel resmi Daihatsu terdekat agar pengecekan kendaraan lebih maksimal karena ditangani oleh mekanik handal Daihatsu,” ujar Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).
Laporan : Realese

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here