Otonymous – Kondisi cuaca di Indonesia yang cukup panas ketika musim kemarau ditambah kondisi jalanan yang macet membuat mobil terkadang mengalami overheat. Hal sepele yang biasanya tidak diperhatikan oleh pemilik mobil karena hanya melihat indikator yang ada di dashboard saja, padahal pengecekan rutin itu perlu.
Beberapa point penting yang perlu diperhatikan agar mobil tidak overheat ketika cuaca panas dan macet sebagi berikut :
Pengecekan motor fan, motor fan ini berfungsi untuk memberikan sirkulasi udara pada radiator. Memang motor fan ini sedikit sulit untuk mengeceknya masih bagus atau tidak, tapi apa salahnya kita cek juga agar sirkulasi udara untuk mendinginkan radiator tetap baik. Karena jika komponen ini tidak bekerja akan menimbulkan panas yang berlebih akibat sirkulasi yang tidak baik.
Pengecekan cap radiator atau tutup radiator, biasanya ini juga termasuk komponen yang dilewatkan karena melihat masih tertutup rapat dianggap masih baik. Namun, jangan salah yang perlu dicek adalah kondisi karetnya. Karena berhubungan dengan panasnya radiator biasanya karet akan memuai dan rusak. Jika rusak biasanya valve di cap tidak berfungsi dengan baik, valve cap tidak akan terbuka jika mendapatkan tekanan panas dan akan berimbas pada overheating.
Nah, hal diatas biasanya hal yang tidak terlihat kasat mata dan perlu dilakukan pengecekan berkala. Yang terlihat biasanya kalau radiator bocor atau air radiator habis ya kan?. Mulai sekarang coba kita cek juga hal diatas ya, semoga bermanfaat.
Laporan : Andy Qiting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here