Otonymous – ROKI Co., Ltd yang merupakan perusahaan asal Jepang dengan kantor pusat berada di Hamamatsu ini berdiri sejak tahun 1985 dengan produk utama di bidang teknologi filtrasi saringan udara (air filter) dan filter oli mesin (oil filter) baik untuk mobil maupun motor. Hingga saat ini ROKI Co., Ltd sudah memiliki jaringan sebanyak 22 pabrik dan kantor lebih dari 12 di berbagai negara untuk mendukung bisnisnya secara global.
Untuk di Indonesia sendiri, cabang dari ROKI Co., Ltd adalah PT. ROKI Asia Trading Indonesia yang didirikan pada Maret 2017 lalu dengan pabrik yang berada di Cikarang, Jawa Barat. Produk dengan label R-MAX series ini memiliki arti R yang artinya adalah ROKI dan MAX yang artinya adalah Maximum. Artinya, perusahaan ini ingin memberikan produk yang berkualitas tinggi namun dengan harga yang ekonomis.
R-MAX series sendiri terbagi menjadi beberapa label lagi seperti R-MAX-G (Global) yang diperuntukkan untuk keperluan part secara global, R-MAX-P (Premium Quality) digunakan untuk produk yang berkualitas tinggi dan premium, serta R-MAX-R (Racing) dirancang untuk penggunaan dengan peforma dan kualitas yang lebih tinggi. Sesuai dengan tagline ya “Reliable Quality Products for Your Maximum Satisfaction”, R-MAX diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan produk suku cadang berkualitas tinggi, dengan harga ekonomis serta aman bagi kendaraan.
Di Indonesia sendiri, PT. ROKI Asia Trading Indonesia memproduksi saringan udara(air filter), saringan oli (oil filter) serta oli mesin (engine oil) baik untuk sepeda motor atau mobil dengan jenis tertentu. Untuk oli mesin, produknya sudah bisa digunakan untuk sepeda motor dan mobil. Jenis oli mesin R-MAX series yang digunakan adalah R-MAX-G dan R-MAX-P sedangkan jenis R-MAX-R sedang dalam pengembangan untuk konsumen masyarakat Indonesia.
Sementara itu, untuk saringan udara R-MAX series sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, telah teruji di Jepang dan terbaik di dunia, karena saringan udara R-MAX series memiliki kapasitas penahan debu yang lebih besar dibandingkan merk lainnya, sehingga tidak ada debu yang bisa melewati air cleaner. Jenis produk saringan udara yang kini tersedia baru untuk sepeda motor merk Yamaha dan Honda. Namun, tidak menutup kemungkinan merk lain pun akan di produksi kedepannya, karena saat ini dalam tahap pengembangan.
Laporan : Andy Qiting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here