Otonymous – Setelah sekian lama dan isunya sudah tidak seviral pada waktu itu tapi masih pada ingat ga mengenai isu shockbreaker Honda PCX 150 yang bengkok?. Nah, beberapa waktu lalu PT. Astra Honda Motor mengundang teman-teman blogger untuk bedah Honda PCX 150 secara detail, sayang karena otonymous.com di Lampung jadi ga diundang acara bedah Honda PCX 150 deh.
Jadi AHM pada kesempatan bedah Honda PCX 150 kemarin juga memberikan penjelasan kenapa shockbreaker Honda PCX 150 itu terlihat seperti bengkok. Ternyata ada satu point penting yang perlu dan harus diketahui saat ini oleh masyarakat akan teknologi yang digunakan di Honda PCX 150 khusunya untuk shockbreakernya.
”Tidak ada kesalahan produksi dan komponen berjalan normal, itu hanya visual dari bentuk spring. Kita sudah cek dan tidak benar suspensi bengkok, semua kinerja suspensi tetap normal. Inner atau tabung dalam lurus tidak ada kebocoran, jadi hanya ulir per luarnya saja yang terlihat seperti bengkok secara visual. Pada dasarnya shockbreaker Honda PCX 150 ini punya 3 spring rate, nah karena teknologi spring rate ini seolah-olah secara visual terlihat bengkok, padahal tidak bengkok dan aman,” ujar Endro Sutarto, Divisi Technical AHM, dikutip dari om IWB.
Nah, penjelasan 3 spring rate ini merupakan salah satu teknologi yang dipakai untuk suspensi Honda PCX 150 terbaru ini dan ini merupakan pengembangan dari produk yang terdahulu yang hanya menggunakan 2 spring rate saja. Untuk tipe 3 spring rate ini memang disetting untuk meredam hentakan dengan kondisi dalam 3 hal yaitu ketika sendiri, boncengan dan membawa muatan lainnya. Jadi, jangan heran juga kalau memang segi kenyamanan sangat diutamakan di Honda PCX 150 ini selain fitur canggih lainnya.
Untuk profile dengan tipe 3 spring rate ini memang dibuat untuk bagian atas rapat, tengah agak renggang dan bawah renggang. Dengan 3 rate dan stroke spring yang lebih panjang 20mm memang sedikit terlihat tidak selalu lurus. Nah, hal ini yang tidak dipahami oleh semua orang karena per akan terus melakukan gesekan ketika ada hentakan dan ini akan mengubah visual secara mata telanjang.
Jadi jelas ya nymouser kalau sebetulnya shockbreaker Honda PCX 150 itu tidak bengkok dan mungkin yang perlu diperhatikan adalah batang suspensinya karena kunci utamanya ada di batang suspensinya, untuk per atau spring itu membantu meredam hentakannya.
Laporan : Andy Qiting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here