Source otojatim

Otonymous – Perkembangan dunia otomotif di Indonesia memang sedang turun di tahun 2017 kemarin tapi hal ini berbanding terbalik dengan perkembangan dunia otomotif khususnya mobil di dunia yang mengalami peningkatan. Dari data yang didapat dari JATO Dinamic terdata sebanyak 86 juta mobi baru beredar di dunia sepanjang tahun 2017. Hal ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2016 dengan jumlah kenaikan sebanyak 2,05 juta unit atau 2,4 persen.

Baca juga : Eksport Xpander Ke Filipina, Harganya Bikin Geleng Kepala

Kenaikan ini dipengaruhi oleh mobil tipe SUV di seluruh dunia. Penyumbang terbesar pasar SUV adalah di China, Amerika Utara dan Eropa. Ini berbeda dengan di Indonesia yang justru segment MPV yang sedang naik daun.

“Pasar otomotif berjalan dengan baik di tahun 2017, dengan ekonomi yang mapan mempertahankan pertumbuhan, sementara pasar berkembang seperti Rusia dan Brasil kembali tumbuh menyusul penurunan tahun sebelumnya,” kata Analis Global JATO Dynamics, Felipe Munoz dalam siaran persnya yang dilansir di Detikoto.

Baca juga : Suzuki Mobil Akan Keluarkan Beberapa Produk Baru Lagi 

Memang tidak semua negara mengalami peningkatan yang menyebabkan pertumbuhan dunia otomotif berkembang di tahun 2017. Seperti Amerika Serikat, Inggris, Meksiko dan Korea Selatan justru mengalami penurunan.

“Hasil pada 2017 menunjukkan bahwa, meskipun krisis dengan jenis bahan bakar diesel dan isu-isu lokal seperti Brexit menyebabkan ketidakpastian di Eropa, pasar otomotif secara keseluruhan terus berkembang. Akan menarik melihat bagaimana peran negara berkembang semakin penting, dengan India diproyeksikan menyalip Jerman sebagai pasar mobil terbesar keempat secara global, dan Amerika Latin menunjukkan tanda-tanda positif,” kata Munoz, dilansir di Detikoto.

Laporan : Andy Qiting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here