otonymous.blog – All New Daihatsu Terios 2018 telah banyak mencuri perhatian banyak masyarakat Indonesia, pasalnya PT. Astra Daihatsu Motor kali ini menampilkan mobil andalannya untuk tampil lebih kekar dan berotot. Meskipun body terlihat lebih memanjang  yang lebih mencerminkan MPV ketimbang SUV, namun Daihatsu mengklaimnya Low-SUV.

Banyak perubahan yang terjadi dibandingkan dengan versi sebelumnya, lampu depan sudah menggunakan full LED namun foglamp masih menggunakan halogen. Dan uniknya mobil ini sudah memiliki 4 kamera yang terletak pada bumper depan dan belakang dan kanan kiri di bawah spion, kamera ini berfungsi untuk memudahkan kita bermanufer mundur dalam ruang sempit yang menghasilkan efek 360°. Menurut otonymous ini adalah fitur yang sangat membantu sekali untuk parkir tanpa di beri aba-aba oleh seseorang di luar mobil. Dan untuk tipe tertinggi, All New Terios tidak lagi menggunakan kunci mekanisme melainkan sudah mengadopsi Smart Key.

Baca juga: Belum Genap Satu Bulan Ribuan All New Daihatsu Terios Laku Terjual

Banyak aksen hitam yang di adopsi pada All New Terios untuk menambah kesan macho dengan garis tegas pada setiap bagian body. Aksen pada fender tidak lagi setebal pada versi sebelumnya. Spoiler yang lebih memanjang pun dipadukan dengan aksen hitam sehingga nampak lebih apik.

Di sektor kaki-kaki All New Terios menggunakan velg ring 17″ two-tone sehingga terlihat elegant. Dan untuk ground clearance mobil ini menjadi yang tertinggi yaitu 220 mm di kelas all MPV dan all SUV. Apa gak limbung ya? Otonymous belum bisa berkomentar lebih karena belum mencoba langsung mobil ini.

Untuk bagian interiornya berubah drastis dan berbentuk minimalis. Posisi mengemudi lebih tinggi dari versi sebelumnya, masih built steering belum teleskopik. Untuk AC sudah menggunakan digital untuk semua tipe, ventilasi AC berbentuk bulat dan fleksibel dan sudah double blower. Dan fitur tambahan yang keren adalah automatic headlamp, dimana lampu depan akan menyala secara otomatis ketika cuaca sudah mulai gelap.

Lanjut ke sektor mesin, tidak ada perubahan konfigurasi dalam penggeraknya, masih sama dengan konfigurasi mesin depan dan menyalurkan tenaganya ke dua roda belakang. Ada 2 pilihan transmisi yaitu manual dan automatic. Perubahan mesin menurun  1.500 cc injection menghasilkan 109 PS turun menjadi 104 PS dan torsi 136 Nm. Meski tenaga menurun, namun Daihatsu mengklaim mesin lebih efisien dalam pembakaran.

Nah itulah yang dapat otonymous kupas seputar All New Daihatsu Terios ini, dan otonymous masih menunggu kesempatan untuk review dan test ride secara langsung mobil ini oleh pihak main dealer Daihatsu.

By Abraham Augusto Tambunan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here