Selasa, 26 Maret 2019

Komunitas Honda Ikuti CBR Hub Cafe and Joy Ride di Lampung

Komunitas Honda Ikuti CBR Hub Cafe and Joy Ride di Lampung


Otonymous - Program komunitas Honda yang bertajuk CBR Hub Cafe and Joy Ride kemarin diadakan oleh Main Dealer Tunas Honda Bersama Komunitas Honda yang tergabung di Asosiasi Motor Honda Lampung pada Minggu, 24/3/19 di Tokopi Cafe, Bandar Lampung.


Program ini diadakan untuk lebih mendekatkan produk sepeda motor Honda CBR dengan komunitas dan juga konsumen yang diundang. Sekitar 50 peserta yang hadir dari berbagai komunitas Honda yang tergabung di Asosiasi Motor Honda Lampung ini mengikuti rangkaian acara mulai dari rolling bersama, share and discuss serta pemaparan produk dari Honda CBR sendiri.


Dimulai dari rolling bersama dengan mengambil start di Tunas Honda Pramuka para anggota komunitas mengelilingi jalan Kota Bandar Lampung dan berakhir di Tokopi Cafe. Tak luput pula berbagai games diadakan untuk meramaikan kegiatan ini.

Laporan : Andy Qiting

Minggu, 24 Maret 2019

ARei Outdoor Gear Lampung Ajak Puluhan Bikers Fun Touring

ARei Outdoor Gear Lampung Ajak Puluhan Bikers Fun Touring

 
Otonymous - ARei Outdoor Gear yang terkenal dengan produk apparel outdoornya kemarin, Sabtu, 23/3/9 ajak bikers yang ada di Lampung untuk fun touring. Fun touring yang sekaligus sebagai ajang gathering ini mengambil lokasi tujuan ke Pantai Sari Ringgung yang berada di Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Sekitar 25 bikers yang sudah mendaftar menjadi peserta ikut ambil bagian dalam Fun Touring yang diadakan oleh ARei. Tidak hanya sekedar riding saja tetapi ARei Outdoor Gear membawa Jisel yang merupakan seorang lady biker yang doyan adventure alias petualangan untuk sharing bersama peserta.

"Senang bisa hadir di Lampung dan bisa sharing bersama teman-teman disini, berbagi pengalaman sambil riding bareng," ujar Jisel.


ARei Outdoor Gear sendiri saat ini sudah mulai memproduksi produk-produk untuk para motorist. "Kita saat ini tidak terfokus hanya dengan produk outdoornya saja untuk teman-teman pecinta alam, namun melihat potensi teman-teman bikers yang senang akan petualangan kali ini kita hadirkan pula produk untuk mendukung para bikers untuk riding," ujar Pak Jonas, pihak ARei Outdoor Gear.


Bocorannya kedepan ARei Outdoor Gear akan adakan kegiatan yang lebih manarik dari fun toruing ini. Mereka punya program fun touring and camp yang belum dikasih bocoran kapan bakal diadain.

Laporan : Andy Qiting

Rabu, 20 Maret 2019

Salah Satu Riders Pertamina Enduro Go Out Adventure Berasal Dari Lampung

Salah Satu Riders Pertamina Enduro Go Out Adventure Berasal Dari Lampung


Otonymous - Perjalanan tim Pertamina Enduro Go Out Adventure saat ini memasuki etape ke-3 yang akan ditempuh dari Kota Padang menuju Bengkulu dengan jarak kurang lebih sejauh 703 km yang akan ditempuh selama lima hari kedapan mulai dari Selasa - Sabtu, 19 - 23/3/19.

Dari keenam Riders yang akan melakukan perjalanan bersama Bro Stephen Langitan dan Pertamina ini ada salah satunya dari Kota Bandar Lampung, Lampung. Satu Riders yang berasal dari Lampung ini bernama Anton Marlianse. Anton juga merupakan salah satu member dari komunitas Lampung Max Owner yang doyan touring nymouser.


"Saya sangat senang dan bangga bisa ikut ambil bagian dalam sebuah touring bersama om Stephen Langitan dan pertamina Enduro ini. Kesemoatan luar biasa pastinya karena untuk ikut menjadi rider harus melalui tahap seleksi terlebih dahulu. Seharusnya saya berangkat bersama Bro Andy Qiting yang sama-sama berasal dari Lampung. Namun saja karena suatu dan lain hal dia berhalangan ikut dengan etape Bengkulu-Bandung," ujar Anton.

Selama lima hari kedepan Anton akan melibas jalur Padang - Bengkulu yang cukup lumayan penuh tantangan.

Sukses selalu perjalanannya dan tim Pertamina Enduro Go Out Adventure.

Laporan : Andy Qiting

Selasa, 19 Maret 2019

Driver Gojek Lampung Ikut Pelatihan Safety Riding

Driver Gojek Lampung Ikut Pelatihan Safety Riding


Otonymous - Driver Gojek di Lampung memang sudah tidak sedikit alias sudah mencapai ribuan yang tersebar di dua Kota dan satu Kabupaten. Demi meningkatkan pelayanan terhadap konsumen dan menjaga keselamatan si driver dan si konsumen sendiri Gojek bekerjasama dengan Rifat Drive Labs mengadakan pelatihan untuk para driver di Lampung. Pelatihan ini diadakan selama lima hari mulai dari Sabtu-Rabu, 16-20/3/19 di Halaman Parkir ex. Gedung Isuzu, Bandar Lampung.


Dalam pelatihan ini para driver diberikan bekal teknik berkendara secara objektif mulai dari berbelok, melewati gundukan, jalan sempit sampai pengereman. Selama lima hari ini pelatihan yang bekerjasama dengan Rifat Drive Labs menargetkan sekitar 1000 Driver Gojek.

"Kita berikan pelatihan ini bukan hanya secara teknik dan skill namun juga membuka mindset para driver ketika mereka melakukan pekerjaan yang penuh resiko di jalan raya," ujar Yudi, Trainer Rifat Drive Labs.


Tidak hanya sekedar materi saja yang diberikan namun, para Driver Gojek juga diajak untuk mencoba dengan kendaraan masing-masing selama pelatihan. "Sangat bermanfaat apa yang diberikan selama pelatihan satu hari penuh ini. Mudah-mudahan kita para driver bisa mengaplikasikannya di jalan raya dan para driver bisa lebih mengerti akan keselamatan ketika berkendara," ujar Saiful, salah satu Driver Gojek Lampung.

Laporan : Andy Qiting

Rabu, 13 Maret 2019

Beatkers Honda Beat Club Indonesia Banjiri Lampung

Beatkers Honda Beat Club Indonesia Banjiri Lampung


Otonymous - Satu Dekade komunitas Honda Beat yang tergabung di Honda Beat Club Indonesia kemarin dirayakan di Kota Bandar Lampung dengan Honda Beat Club Lampung sebagai tuan rumah. Acara yang diadakan di PKOR Way Halim, Sabtu, 9/3/19 kemarin dipadati oleh ratusan Beatkers sebutan bagi member Honda Beat Club Indonesia.

Kegiatan yang dimulai dari siang sampai malam ini menjadi ajang silaturahmi para Beatkers yang hadir dari ujung Pulau Sumatera dan Timur Indonesia. Tampak member terjauh yang datang ke acara Satu Dekade Honda Beat Club Indonesia (HBCI) dari Aceh dan Ambon.

Selain menjadi tuan rumah Satu Dekadenya HBCI, Honda Beat Club Lampung (HBCL) juga baru pertama kalinya menjadi tuan rumah kegiatan ulang tahun selain kegiatan Rapat Kerja Nasional yang dulu juga pernah diadakan di Lampung.


Kegiatan Satu Dekade HBCI kemarin diisi dengan pameran sepeda motor dari dealer - dealer Honda yang ada di Kota Bandar Lampung, bazzar merchandise dan juga bazzar produk dari sponsor.
Ceremony yang dibuka dengan turunnya hujan tidak menyurutkan para member HBCI yang hadir surut, alunan musik tradisional menjadi pembuka Ceremony yang diikuti oleh tarian tradisional sembah sebagai tanda penyambutan para tamu dari luar kota. Sambutan ketua pelaksana yang dilanjut dengan parade panji dari tiap regional menambah semarak Satu Dekade kemarin. Kehangatan terasa saat pemotongan tumpeng dan pemberian cinderamata dari berbagai komunitas yang hadir.

Selain itu hiburan yang menjadi penutup memberikan kesan tersendiri bagi para member HBCI dan komunitas lainnya yang hadir dibawah rintikan air hujan pada malam itu.

Selamat untuk HBCI ...

Laporan : Andy Qiting
Federal Oil Gresini Moto2 Punya Target Juara Dunia Bersama Sam Lowes

Federal Oil Gresini Moto2 Punya Target Juara Dunia Bersama Sam Lowes

Source Istimewa
Otonymous - Musim 2019 gelaran MotoGP sudah dimulai dengan seri perdana di Qatar kemarin. Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM) ditahun 2019 ini kembali menggandeng pembalap andalannya Sam Lowes. Rider kelahiran Inggris tersebut merupakan jebolan dari kejuaraan Supersport World Championship. Sam Lowes berhasil menjadi juara dunia di ajang tersebut satu tahun sebelum masuk ke Moto2.

"Dipilihnya kembali Sam Lowes bersama FOGM2 karena memang potensi yang dimiliki oleh pebalap ini begitu tinggi. Perkembangan keadaan juga membuat FOGM2 yakin bahwa saat ini dinilai sudah semakin dewasa dan memiliki sejarah yang baik bersama Federal Oil," ujar Patrick Adhiatmadja, selaku Presiden Direktur PT Federal Karyatama.


"Sam Lowes memiliki pengalaman yang baik, dia semakin dewasa, matang, dan pengambilan risikonya juga makin terukur. Buat kami pengalaman itu sangat penting, terlebih tahun ini kami menggunakan mesin baru. Kami juga berharap musim ini akan menjadi musim yang kompetitif, dan Sam Lowes dapat meraih banyak podium serta memenangkan gelar juara dunia Moto2 musim 2019," tambah Patrick.

Hasil positif yang pernah diraih Sam Lowes bersama FOGM2 pada musim balap 2016 adalah dengan pencapaian enam kali podium dan menutup musim dengan mengumpulkan 175 poin yang berhasil menempatkannya pada posisi 5 besar klasemen akhir kejuaraan. Di musim balap Moto2 2019, Lowes siap beraksi memberikan yang terbaik untuk tim kebanggaannya, dan selama menjalani tes pramusim 2019, Sam Lowes selalu meraih hasil positif.

Kali ini FOGM memiliki target dengan menjuarai dunia Moto 2 ditahun 2019 dengan pembalap andalannya Sam Lowes. Mereka yakin dengan pencapaian di tahun 2018 dan beberapa kali pree test kemarin Sam Lowes masih unggul diatas pembalap-pembalap lainnya.

Laporan : Realese
Edit : Andy Qiting

Selasa, 12 Maret 2019

Yamaha Vega Club Indonesia Sukses Gelar Rapat Kerja Nasional Di Lampung

Yamaha Vega Club Indonesia Sukses Gelar Rapat Kerja Nasional Di Lampung

Source Istimewa
Otonymous - Vega Lampung Club (VLC) sukses menjadi tuan rumah pada gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Yamaha Vega Club Indonesia (YVCI) yang pertama pada Sabtu-Minggu, 9-10/3/19 kemarin di Sekretariat VLC Jl. Pagar Alam, Bandar Lampung.

"Kami berikan yang terbaik kepada YVCI agar semua berjalan dengan lancar. Termasuk perwakilan dari chapter diundang agar bisa kenal dengan saudara kita diluar Lampung," ujar Abdul Rahman, Sekertaris VLC.
Ada beberapa agenda yang telah dimusyawarahkan pada rakernas perdana ini, diantanya yakni akan diadakannya Bakti Sosial (Baksos) serentak secara nasional. Dengan waktu yang telah ditetapkan pada hari kemerdekaan 17 Agustus. Lalu program kerja lainnya yakni 26 Desember pada ulang tahun YVCI ke 13 akan ada touring ke 0 km Indonesia di Sabang Aceh.


"Kita minta setiap perwakilan dari regional yang siap berangkat ke Sabang maka akan disertakan dalam misi progja ini," ujar Bayu Saputra, Presiden YVCI. Progja yang lainnya akan dilakukan yakni tabur bunga bagi member YVCI yang lebih dulu mengharumkan nama baik YVCI yang akan digelar serentak pada 10 November.


Adapun pengurus yang hadir pada rakernas tersebut diantaranya dari Korwil Jateng DIY Sofyan, Korwil Jabodetabek Banten Irfan. Humas Konvensional internal Indra Setiawan dari V-TAC, Abdul Hamid Mutaqin Bendahara dari Vega Depok Club (Vedoc), humas digital Angga Perdana Vedoc. Divisi Logistik Arul VBAC (Vega Banjarnegara Club) dan ketua umum demisioner Yofan Lesmana.

Diharapkan agar setiap pengurus untuk fokus yang akan dikerjakan kedepannya dengan harapan semua progja terealisasi.

Selamat untuk Rakernas Yamaha Vega Club Indonesia.

Laporan : Realese
Edit : Andy Qiting

Minggu, 10 Maret 2019

Pertamina Go Out & Enduro Adventure Akan Libas Jalur Sabang Hingga Gresik 5000km

Pertamina Go Out & Enduro Adventure Akan Libas Jalur Sabang Hingga Gresik 5000km

Source Istimewa
Otonymous - Sebagai perusahaan pelumas dengan misi mendunia, PT. Pertamina Lubricants berkomitmen untuk menghadirkan kesempatan terbaik dan berharga bagi mereka yang memiliki jiwa petualang menggunakan sepeda motor menggunakan pelumas Pertamina sebagai produk kebanggaan anak bangsa yang sudah terbukti ketangguhannya.


Setelah berhasil dengan perjalanan Stephen Langitan solo ride adventure Jakarta - London 30.000km, Pertamina kembali mendukung penuh perjalanan Enduro Touring Go Out Adventure dengan rute Sabang - Gresik 500km yang dimulai pada Sabtu, 9/3/19 dari Pulau Sabang, Aceh.

Perjalanan ini diikuti oleh 6 riders pilihan yang sudah melewati tahapan seleksi sebelumnya. Dalam perjalanan Touring Enduro Go Out Adventure ini para riders akan merasakan ketangguhan dan kualitas pelumas Enduro yang mereka gunakan di berbagai merk motor seperti Honda, Suzuki, Kawasaki dan Yamaha.


"Kita mendukung kegiatan positif anak bangsa seperti yang dilakukan oleh Stephen Langitan dari Jakarta - London dengan misi mengikatkan bendera merah putih sekaligus menguji ketangguhan dan kualitas pelumas Pertamina Enduro," ujar Andria Nusa, Direktur Sales & Marketing Pertamina Lubricants.

Laporan : Realese Pertamina Lubricants
Edit : Andy Qiting

Minggu, 03 Maret 2019

Untuk Cari Settingan Motor Maksimal, Bubur Ayam Racing Latihan Bersama

Untuk Cari Settingan Motor Maksimal, Bubur Ayam Racing Latihan Bersama

Source Istimewa
Otonymous - Walaupun masih terbilang baru di dunia balap, tim Bubur Ayam Racing yang diinisiasi oleh bengkel Twentynine Nine Garage yang berada di Kota Bandung terus berupaya untuk meningkatkan prestasi untuk di dunia balap. Setelah kemarin perdana mengikuti kegiatan balap hasil yang lumayan menjadi motivasi mereka untuk kedepannya.


Belum lama ini Bubur Ayam Racing mengadakan latihan bersama di Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya. Kegiatan latihan bersama ini juga sekaligus untuk menyetting motor agar menemukan settingan maksimal. Tak sendiri, Bubur Ayam Racing mengajak beberapa tim bala untuk ikut bergabung bersama dalam latihan.
Kali ini ada beberapa tim yang ikutan diantaranya Kaymo 139 Racing, Dan's Speed, Fast HBAC Speed, dan Jaya Mandiri Racing.

"Harapannya dalam latihan bersama ini kita bisa menemukan settingan motor yang maksimal dan siap untuk mengikuti kegiatan balap kedepannya. Dan juga bisa sharing dengan tim - tim bala lainnya juga," ujar Coy, Manager sekaligus Mekanik di Twentynine Nine Garage dan Bubur Ayam Racing.

Laporan : Andy Qiting

Jumat, 01 Maret 2019

7Gear Punya Produk Baru, Ini Dia Produknya

7Gear Punya Produk Baru, Ini Dia Produknya

Source Istimewa
Otonymous - Setelah sukses dengan produk apparel riding gearnya, brand 7Gear kini merambah ke produk lain. Produk anyar yang di produksi yaitu 7 Gear Helmet Cleaner dan 7 Gear Helmet Freshener. Kedua produk ini merupakan produk yang digunakan untuk merawat helm nymouser.

7Gear Helmet Cleaner sendiri berfungsi untuk membersihkan bagian busa interior helm tanpa meningalkan bekas, efektif membersihkan sisa debu, minyak rambut dan bau apek pada busa interior. Cara pakainya kocok dahulu, lalu semportkan ke busa interiro helm, kemudian lap menggunakan kain bersih agar kotoran terangkat, Helm akan terasa nyaman dan lembut ketika di gunakan.


Sedangkan, 7Gear Helmet Freshener merupakan carian multifungsi penghilang bau tak sedap dan sebagai penyegar interior helm, bisa di gunakan di jaket, sepatu, glove dan berbagai produk berbahan kain. Cara pemakaiannya kocok dan arahkan kepada media yang akan di sempot dengan jarak aman 30cm diamkan sejenak lalu helm dapat digunakan kembali dan  anda akan terasa nyaman dan relax dengan wangi greentea.

Untuk harga sendiri 7Gear Helmet Cleaner sebesar Rp 36.000 dan 7Gear Helmet Freshener sebesar Rp 22.500, untuk kedua produk ini akan dilaunching secara resmi pada gelaran Jakarta Helmet Exhibition pada 2 dan 3 Maret 2019 di Kuningan City, Jakarta Selatan. Selain itu kalian juga bisa mendapatkannya di gerai 7Gear Otista Jl. Cipenang Cempedak No. 3b Jakarta Timur.

"Kita keluarkan produk ini untuk memfasilitasi para bikers yang selalu menggunakan helm setiap harinya agar para bikers juga bisa merawat helm yang digunakan seperti merawat sepeda motor mereka," ujar Adet Vriono, Pemilik 7Gear kepada otonymous.com

Laporan : Andy Qiting

Kamis, 28 Februari 2019

Ini dia Harga Resmi Wuling Almaz

Ini dia Harga Resmi Wuling Almaz

Source Istimewa
Otonymous - Setelah sukses dengan produk sebelumnya PT. SAIC General Motors Wuling (Wuling Motors) kini mengeluarkan produk terbarunya bertype SUV dengan nama Almaz. Produk ini resmi diperkenalkan pada Rabu, 23/2/19 namun dalam perkenalan kemarin Wuling Motors belum mengumumkan secara resmi harganya.

Kali ini Wuling Motors resmi mengumumkan harga Almaz yang mereka banderol Rp 318,8 juta. Mobil dengan konsep SUV ini menggunakan 4 silinder 1.500 cc yang dibekali turbo charger untuk mendongkrak tenaganya. Mesin Almaz ini mampu menghasilkan tenaga 140 di dan torsi maksimal 250 Nm di 1.600 - 3.000 rpm.

" Drive of better life selalu menjadi semangat bagi Wuling Motors. Berdasarkan pengertian yang mendalam untuk pengguna Wuling akan meluncurkan model SUV," ujar Di Feyun, Presiden Direktur Wuling Motors.

Laporan : Andy Qiting

Senin, 25 Februari 2019

All New Nissan Hadir Dengan Harga Bersaing

All New Nissan Hadir Dengan Harga Bersaing

Source Istimewa
Otonymous - Persaingan otomotif di segment roda empat alias mobil kelas MPV bertambah lagi dengan hadirnya All New Livina. PT. Nissan Motor Indonesia resmi meluncurkan All New Livina beberapa hari lalu tepatnya pada Selasa, 19/2/19. Mobil dengan konsep sebagai mobil keluarga ini ternyata menggunakan platform Mitshubishi Xpander. Meski mirip, namun diklaim tidak sama oleh pihak Nissan.

"Dari sisi eksterior perbedaannya sudah terlihat mulai dari gril, gender depan belakang, engine hood, bumper depan belakang, panel backdrop, rear lamp dan desain bodi pada pintu depan. Secara keseluruhan memang sama tapi sebetulnya berbeda, bisa dibilang kembar tapi tidak sama," ujar Bapak Thomas Sigit, Product Planning NMI.


"Seri Livina pertama kali diperkenalkan pada 2007 dan selalu dikenang karena kenyamanannya. Kami juga berharap sama pada model terbaru ini. Konsumen setia Nissan menginginkan teknologi maju, termasuk fitur-fitur keselamatan yang canggih. Kami memenuhi tuntutan itu melalui Nissan Intelegent Mobility yang diusung kendaraan tersebut," ujar Isao Sekiguchi, President Director NMI.


All New Nissan ada 5 varian yang disuguhkan varian VL AT dengan harga banderol Rp 261,9 juta, VE AT Rp 249,9 juta, EL AT Rp 233 juta, EL MT Rp 223 juta, dan E MT Rp 198,8 juta dari kesemua harga yang tercantum merupakan OTR Jakarta.


Laporan : Andy Qiting


Jumat, 22 Februari 2019

Bikers Pringsewu Punya Minggu Isuk Motoran

Bikers Pringsewu Punya Minggu Isuk Motoran

Source Istimewa
Otonymous - Minggu Isuk Motoran itu sebutan dari teman - teman bikers Pringsewu yang ngadain Sunmori baru - baru ini pada Minggu, 17/2/19 di Kabupaten Pringsewu. Kegiatan Minggu Isuk Motoran alias Sunmori ini baru pertama kalinya diadakan di Pringsewu. Ternyata antusias dari teman - teman bikers cukup baik menyambut kegiatan ini.

Ada hal yang unik bagi teman - teman bikers di Pringsewu ini, mereka melakukan riding Minggu pagi melalui jalan - jalan desa yang masih asri dan sejuk. Sebuah pemandangan yang jarang bagi para bikers kota yang riding sunmori dengan kondisi seperti ini.


Kegiatan ini mereka lakukan sebagai ajang silaturahmi dan berbagi hal yang positif khusunya sesama pengguna roda dua. "Seru sih, antusias teman - teman bikers di Pringsewu merespon dengan baik, kita bisa saling kenal, seru - seruan bareng, sampai kita bisa berbagi pengalaman dalam hal apapun, " ujar Avi, salah satu bikers yang ikut riding.

Setelah riding bareng mereka akhiri kegiatan Minggu Isuk Motoran ini dengan wisata kuliner yang ada di Kabupaten Pringsewu.


Laporan : Andy Qiting


Toyota Dibikin Pusing Akibat Banjirnya Pesanan New Avanza

Toyota Dibikin Pusing Akibat Banjirnya Pesanan New Avanza


Otonymous  - Genap dua bulan mengaspal, New Toyota Avanza terbukti berhasil memikat pasar otomotif Tanah Air. Dengan bermodal penyegaran pada sektor eksterior dan interior, angka penjualannya berhasil membuat Toyota pusing.

Dilansir dari Okezone, Kamis (21/2/2019), pemesanan New Avanza saat ini sudah mencapai angka 10 ribu unit. Total penjualan tersebut didapat selama 37 hari sejak diluncurkan perdana pada 15 Januari lalu.


Atas pencapaiannya tersebut, tentu Toyota harus berpikir keras untuk memenuhi permintaan konsumen yang cukup tinggi. Mengingat persaingan yang sangat ketat di segmen MPV.

Maka dari itu, untuk menjaga para konsumen setianya, Toyota dituntut untuk memangkas waktu inden yang tidak terlalu lama, karena daftar inden yang cukup banyak akan berpengaruh terhadap lamanya pengiriman kepada konsumen.

"Kita sudah meminta pemesanan produksi New Xenia ke pabrik sebanyak 9 ribu unit sebulan, untuk memenuhi permintaan yang cukup besar dari konsumen," ujar Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiskus Soerjopranoto kepada Okezone, Kamis (21/2/2019).


Dia juga menyebutkan, permintaan yang besar tersebut akan berdampak pada inden yang cukup panjang. Hal tersebut berdampak pada beralihnya konsumen pindah ke merek lain. Karenanga saat ini Toyota tengah melakukan peningkatan produksi New Avanza kepada Daihatsu.

"Saat ini permintaan yang disanggupi untuk produksi New Avanza sebanyak 7-8 ribu unit sebulan," tutupnya.