Kamis, 19 Juli 2018

Motor Honda Jadul Lebih Dulu Pakai 'Air Suspension'

Motor Honda Jadul Lebih Dulu Pakai 'Air Suspension'


Otonymous - Jaman sekarang sepertinya sedang tren dengan yang namanya 'air suspension' yaitu fungsi shockbreaker yang dapat di naik turunkan menggunakan angin.

Mungkin sebagian besar banyak yang belum mengetahui bahwa fitur ini telah lama digunakan, seperti pada motor Honda GL Pro dan GL Max lansiran 80-90 an. Tertera jelas tulisan 'Air Suspension' pada shock depan kedua motor tersebut.


Air suspension pada GL Pro dan GL Max ini memang berbeda dari air suspension aftermarket yang biasa digunakan pada motor atau mobil yang sudah dimodifikasi.


Pengalaman dari banyak pemilik motor tersebut menduga bisa di isi angin melalui kompresor yang ada di tambal ban, namun hal tersebut ternyata salah besar.


Sebenarnya udara yang berada di dalam shock depan itu berisi nitrogen dengan tekanan yang sudah ditentukan. Suspensi teleskopik ini memiliki jarak main 135 mm. Lubang untuk mengisi udara terletak pada bagian atas shock, dekat dengan setang motor.

Dan perlu diketahui, meski namanya air suspension, suspensi ini tidak hanya berisi udara saja, namun tetap membutuhkan oli shock juga. Dengan volume 159 cc yang kerjanya birsinergi dengan nitrogen.


Laporan: Abrahan Augusto Tambunan

Rabu, 18 Juli 2018

Generasi Terbaru Honda Blade Mulai Diperkenalkan

Generasi Terbaru Honda Blade Mulai Diperkenalkan


Otonymous - Kemarin, Boon Siew Honda baru saja merilis motor terbarunya di Negeri Jiran, Malaysia, yakni Honda Dash 125 versi 2018. Bila di Malaysia namanya Honda Dash, kalau di Indonesia bernama Honda Blade. Itu artinya perjalanan generasi Honda Blade di Indonesia masih akan berlanjut.

Tampilannya kini jauh lebih sporty dan menggoda. Lekuk bodinya memiliki lekuk-lekuk sudut tajam, lampu sein mengisi bodi depan dengan lampu senja dibawahnya. Lampu utama sudah menggunakan LED, dan pada bagian atasnya diberi visor yang menambah kesan sporty.


Bentuk sayap masih kental dengan Honda Blade 125 generasi sebelumnya, namun berbesa saat mengarah keburitan belakang. Lampu sein tidak lagi menyatu pada lampu rem, letak lampu sein sekarang menempel pada spakbor belakang layaknya motor batangan.


Bagian speedometer juga mengalami perubahan, meskipun tidak signifikan. Masih terlihat biasa saja karena belum menggunakan panel instrumen digital, hanya saja mendapatkan pembaruan model yang lebih terlihat sporty.

Untuk dapur pacunya, motor ini berkapasitas 124,89 cc, silinder tunggal, berpendingin udara, sistem bahan bakar PGM-FI. Dengan transmisi manual empat percepatan, manghasilkan tenaga maksimum 9,85 dk dan torsi maksimum 9,54 Nm.

Honda Dash 125 ini dibanderol 5.999 ringgit atau sekitar Rp 21,1 juta untuk varian Standar, 6.299 ringgit atau sekitar Rp 22,2 juta untuk varian Racing, dan 6.499 ringgit atau sekitar Rp 22,9 juta untuk varian Repsol.

Berikut adalah beberapa varian Honda Dash 125:






Laporan: Abraham Augusto Tambunan

Selasa, 17 Juli 2018

BMW Sedang Kembangkan Mobil Listrik Tiga Pintu

BMW Sedang Kembangkan Mobil Listrik Tiga Pintu


Otonymous - BMW dan Great Wall Motor (GWM) belum lama ini menandatangani sebuah perjanjian kerjasama untuk memproduksi mobil listrik MINI melalui joint venture 50:50 baru yang berbasis di China.

Menurut BMW, China menjadi pilihan tepat karena negara tersebut merupakan pasar terbesar dunia untuk elektromobilitas. Selain itu, mobil listrik MINI disebut akan menjadi kendaraan hatchback pertama dengan 3 pintu yang akan mulai diproduksi di Oxford tahun depan.


"Dengan pendekatan bersama kami, kami dapat dengan cepat meningkatkan produksi dan meningkatkan efisiensi di segmen kendaraan listrik kompak yang sangat kompetitif," ujar anggota dewan manajemen BMW bidang pengembangan, Klaus Frohlich, dikutip dari Paultan, Senin (16/7/2018).


Frohlich juga menjelaskan, bahwa BMW berkomitmen melanjutkan kerjasama dengan struktur penjualan di China dan tidak memiliki rencana mendirikan organisasi penjualan tambahan untuk MINI listrik.

"Kerjasama ini akan fokus pada pengembangan, pengadaan, dan produksi mobil listrik untuk pasar China," kata Frohlich.


Editor: Abraham Augusto Tambunan

Senin, 16 Juli 2018

Ditanya Soal Generasi Baru Honda Tiger, Ini Jawaban AHM

Ditanya Soal Generasi Baru Honda Tiger, Ini Jawaban AHM


Otonymous - Honda Tiger adalah salah satu motor sport Honda yang tergolong legendaris di Indonesia. Terbukti, motor dengan sebutan 'macan besi' ini memiliki pengguna yang loyal, dan banyak dari mereka tergabung dalam sejumlah klub dan komunitas.

Beberapa generasi telah diluncurkan PT. Astra Honda Motor (AHM) dari Honda Tiger 2000, Super Cruiser, New Super Cruiser, Revolution Cruiser, dan New Revolution Cruiser yang di produksi terakhir pada 2012 silam.


Lalu apakah nasib dari Honda Tiger akan berhenti sampai disitu? Apakah isu akan hadirnya The Next Generation Honda Tiger benar?

Dikutip dari Otosia, Marketing Director AHM, Thomas Wijaya, mengatakan bahwa pihaknya sendiri sudah mendengar barbagai harapan tersebut.

"Sejauh ini sih kami terima banyak masukkan. Ya masukkan ini kami pelajari sih," katanya.


Namun apakah ini artinya sudah ada lampu hijau untuk generasi Honda Tiger berikutnya? Yang pasti, ini masih tahap proses studi AHM.

Sejauh ini, banyak isu yang beredar bila Honda Tiger akan memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dibandingkan sebelumnya. Tapi isu itu belum bisa dibenarkan oleh Thomas.

"Itu belum bisa kami kasih jawaban (naik cc atau tetap). Baik cc atau desain kami masih studi," tutupnya.


Sumber: Otosia
Editor: Abraham Augusto Tambunan

Sabtu, 14 Juli 2018

Sentuhan Warna Baru Honda CBR250RR, Ada Versi Murahnya Juga Lho!

Sentuhan Warna Baru Honda CBR250RR, Ada Versi Murahnya Juga Lho!


Otonymous - PT. Astra Honda Motor (AHM) memberikan sentuhan warna baru yang lebih segar pada motor sport fairing-nya, Honda CBR250RR.

Selain merilis varian warna baru, AHM juga merilis versi dengan harga yang lebih murah.


Lalu apa saja ya perbedaan pada versi murah tersebut? Terus berapa perbandingan harganya? Yuk kita bahas Nymouser.


Versi murah dari CBR250RR dengan skema warna Black Freedom, dengan warna yang dominan hitam glossy. "Versi Black Freedom, dikenalkan untuk penyuka CBR250RR dengan harga kompetitif, dan mudah dimodifikasi," ujar Direktur Marketing AHM, Thomas Wijaya.

Selain warna bodi, penggunaan warna hitam di suspensi depan upside-down, tidak menggunakan warna emas.


CBR250RR Black Freedom tidak tersedia versi ABS, dengan harga Rp 59,9 juta (OTR Jakarta). "Tapi semua fitur andalan CBR250RR seperti mesin, fitur Riding Mode, dan Throttle by Wire tetap ada, yang absen hanya ABS saja," jelas Thomas.

Kemudian untuk varian warna lainnya, warna Matte Gunpowder Metallic dan Honda Racing Red tetap ada. Namun pilihan warna Anchor Grey Metallic, diganti menjadi Bravery Matte Red, yang juga digunakan di All New Vario 150 dan All New PCX 150.


Untuk harganya sendiri, setiap warnanya berbeda. Untuk warna Bravery Matte Red dan Matte Gunpowder Metallic dibanderol Rp 64,725 juta untuk varian non-ABS.


Untuk varian ABS, dibanderol Rp 70,725 juta. Sedangkan Honda Racing Red yang mirip dengan motor balap Astra Racig Team dibanderol Rp 65,325 juta, dan varian ABS-nya dibanderol Rp 71,325 juta.

Bila dihitung, harganya naik sekitar Rp 1,2 jutaan dibandingkan dengan harga sebelumnya, namun kelebihannya ada versi murahnya ya Nymouser.


Laporan: Abraham Augusto Tambunan

Jumat, 13 Juli 2018

Sebelum Tutup Tahun 2018, Yamaha Siapkan Trail Untuk Lawan Kawasaki KLX150 Dan Honda CRF150L

Sebelum Tutup Tahun 2018, Yamaha Siapkan Trail Untuk Lawan Kawasaki KLX150 Dan Honda CRF150L


Otonymous - PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tengah menyiapkan motor trail. Kabarnya, motor trail Yamaha ini berkubikasi 150 cc yang akan di launching pada akhir tahun ini.

Seperti dikutip dari GridOto, kabar kuat itu datang saat MXGP Semarang (7-8/7/18). Pihak Yamaha Indonesia dari Jepang banyak yang datang.


Sumber dari Yamaha Indonesia bilang pihak Yamaha Jepang yang datang ke MXGP Semarang mau survei. Survei ini yang akan dijadikan analisis pasar motor trail di Indonesia.

"Barangnya sudah dicoba, tinggal produksi massal," ujar sumber Yamaha Indonesia, yang dikutip dari GridOto (12/7/18).


Untuk nama motor trail Yamaha tersebut sudah ditentukan. Namanya WR150, kalau di Eropa WR125.

Apakah dengan kehadiran Yamaha WR150 di Indonesia akan menambah minat masyarakat untuk memiliki motor garuk tanah ini ya Nymouser? Mari kita tunggu saja kabar selanjutnya.


Sumber: GridOto
Laporan: Abraham Augusto Tambunan
Lebih Klasik, Dua Warna Baru Kawasaki Z900RS CAFE Ini Bikin Ngiler

Lebih Klasik, Dua Warna Baru Kawasaki Z900RS CAFE Ini Bikin Ngiler


Otonymous - Kawasaki Z900RS CAFE model 2019 resmi meluncur. Model terbaru ini akan mulai dipasarkan pada Agustus mendatang dengan pilihan dua warna baru, yakni biru dan abu-abu.

Sedangkan warna hijau elektrik pada model sebelumnya masih tetap dipertahankan, jadi Z900RS CAFE sekarang memiliki tiga varian warna.



Skema grafis sama seperti model sebelumnya, dimana bagian tangki dan fender belakang diselipkan desain grafis garis yang sederhana.

Tidak ada perubahan pada sektor lain, mekanikal Z900RS CAFE model 2019 masih sama, dimana motor ini berperawakan retro modern.


Kawasaki Z900RS CAFE pertama kali diperkenalkan dalam ajang EICMA 2017 di Milan, dan merupakan touch up dari Z900RS. Penampilannya menirukan motor balap jadul dengan setang menunduk, fairing lampu membulat, dan jok seperti bokong lebah.



Motor ini dibanderol Rp 288 juta (OTR Jakarta) saat mejeng di IIMS 2018 pada bulan April lalu.

Meski menganut gaya cafe racer, namun tampangnya tidak berkiblat ke gaya inggris generasi 60'an. Desainnya lebih mirip motor balap Jepang di awal 70'an yang setangnya tidak terlalu menunduk.


Laporan: Abraham Augusto Tambunan

Kamis, 12 Juli 2018

Mitsubishi e-Evolution Concept Akan Mejeng Di GIIAS 2018

Mitsubishi e-Evolution Concept Akan Mejeng Di GIIAS 2018


Otonymous - PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kabarnya akan mendatangkan mobil konseo e-Evolution dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE-BSD, Tangerang, 2-12 Agustus 2018 mendatang.

Head of PR & CSR Department MMKSI, Bambang Kristiawan, mengatakan bahwa pihaknya akan membawa e-Evolution konsep sebagai prototype teknis dari produk mobilitas masa depan, EV, dan artificial inteligent.


e-Evolutio Concept merupakan crossover SUV generasi baru yang menunjukkan wajah MMC untuk masa depan. Hal ini untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik dengan penggabungan teknologi Mitsubishi Motors dengan fleksibilitas SUV terbaik.


Sejalan dengan tema "Beyond Mobility" pada GIIAS 2018, MMKSI kemungkinan akan membawa mobil listrik lainnya, seperti Outlander PHEV dan I-Miev.


Bambang juga menambahkan, akan ada varian baru dari Xpander pada GIIAS 2018. "Kami juga menghadirkan hal baru. New varian dari Xpander yang akan menambah lini produk dari Xpander saat ini," katanya.

Pada semester pertama 2017, Mitsubishi telah berhasil menjual 100.122 unit kendaraan di Indonesia.


Laporan: Abraham Augusto Tambunan

Rabu, 11 Juli 2018

Honda PCX 125 Resmi Diluncurkan Pada September 2018

Honda PCX 125 Resmi Diluncurkan Pada September 2018


Otonymous - Honda PCX dengan mesin yang lebih kecil akan segera meluncur di Jepang pada September 2018.

PCX 125 dengan berteknologi Hybrid ini akan menjadi kendaraan roda dua hybrid pertama di dunia yg di produksi massal.


Menggunakan baterai Lithium-Ion 48V baru dengan performa tinggi yang ditambahkan drive assist ACG (Alternating Current Generator) starter motor, berkapasitas mesin 125 cc, 1 silender dan menghasilkan listrik.


Baterai dikemas secara optimal di dalam ruang penyimpanan, sementara penutup bagian depan menaungi PDU (unit penggerak daya). Pengaturan ini memungkinkan PCX Hybrid lebih mudah untuk ditangani dan memiliki dinamika berkendara yang nyaman, PDU mengontrol ACG yang membantunya memonitor baterai.


PCX Hybrid 125 memberikan dua mode, yakni D dan S. Mode D memberikan kualitas berkendara yang nyaman bersama dengan efisiensi bahan bakar yang luar biasa. Sedangkan mode S memberikan pengalaman berkendara sporty dengan bantuan yang lebih bertenaga.


ACG starter motor membantu mesin selama 4 detik pasca aktivasi dengan dengan operasi throttle. Jumlah bantuan motor tergantung pada input throttle yang memungkinkan akselerasi cepat dengan tetap menstabilkan PCX.

Kabarnya, PCX 125 Hybrid akan dibanderol JPY 432.000 atau sekitar Rp 55,7 juta. Dan kemungkinan motor ini akan diboyong ke Indonesia, karena Honda telah memperkenalkannya pada IIMS 2018 lalu.


Laporan: Abraham Augusto Tambunan
Honda Super Cub 125 Bakal Resmi Di Rilis Bulan Oktober, Spesifikasinya Bikin Melongo

Honda Super Cub 125 Bakal Resmi Di Rilis Bulan Oktober, Spesifikasinya Bikin Melongo


Otonymous -Sejak diluncurkan pada tahun 1958, setelah 10 tahun perusahaaan didirikan. Model ini juga menjadi motor bebek yang paling laris sepanjang masa.

Pada tahun ini, model terbarunya Honda Super Cub 125 akan segera dirilis di Eropa pada Oktober mendatang.


Dengan menggendong mesin 125 cc injeksi 4-stroke 1 silinder 2 katup, motor ini mampu berlari mencapai 9,5 dk pada 7.000 rpm dan torsi maksimhm 10,4 Nm pada 5.250 rpm.

Motor 125 cc ini di klaim irit bahan bakar, dapat menempuh jarak 66,7 kilometer dalam satu liternya.


Kapasitas tangki mampu menampung sebanyak 3,7 liter dan dalam kondisi bahan bakar penuh dapat menempuh jarak 245 kilometer.

Secara tampilan, Super Cub 125 terbaru tetap mempertahankan siluet aslinya, hanya saja lampu depannya dibekali dengan LED dan panel instrumen digital.


Uniknya, Super Cub 125 ini sudah menggunakan teknologi smart key system. Jadi motor klasik namun dengan fitur yang sudah modern.

Kalau di Eropa sudah siap untuk dipasarkan, kira-kira kapan ya Honda akan memboyongnya ke Indonesia?

Kita tunggu saja ya Nymouser, apalagi motor klasik sedang banyak diminati oleh banyak kalangan.


Laporan: Abraham Augusto Tambunan

Minggu, 08 Juli 2018

Kualifikasi MXGP Indonesia Di Semarang, Jeffrey Herlings Masih Jadi Yang Tercepat

Kualifikasi MXGP Indonesia Di Semarang, Jeffrey Herlings Masih Jadi Yang Tercepat


Otonymous - Sejak awal, Jeffrey Herlings pembalap KTM masih menjadi yang tercepat di MXGP Indonesia. Herlings diikuti oleh Tim Gajser (Honda), Jeremy Seewer (Wilvo Yamaha), kemudian Romain Febvre (Yamaha Factory).

Jarak antara mereka tidak berjauhan. Sementara Antonio Cairoli yang telah juara dunia sebanyak 9 kali, tidak bisa mengantongi juara pada race kali ini.


Saat start, Cairoli langsung berada di posisi ke-5, lalu mundur ke posisi ke-6. Kondisi Cairoli memang dalam keadaan yang kurang baik, ternyata dirinya sedang menderita cedera tangan. Mungkin karena alasan ini Cairoli tidak dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut adalah hasil MXGP Indonesia di Semarang:


Laporan: Abraham Augusto Tambunan

Sabtu, 07 Juli 2018

Suzuki Jimny Generasi Terbaru Pakai Mesin Ertiga?

Suzuki Jimny Generasi Terbaru Pakai Mesin Ertiga?


Otonymous - Suzuki Jimny generasi terbaru akan hadir di Indonesia dengan menggunakan mesin K15B berkapasitas 1.500 cc berbahan bakar bensin. Artinya mesin Jimny akan menggunakan mesin sama dengan All New Ertiga yang beredar di Indonesia.

Bila mesinnya sama, apakah output powernya akan sama juga?


Menurut spesifikasi resminya, ternyata output mesinnya berbeda dengan All New Ertiga. Ternyata, Jimny memiliki output yang lebih kecil.

Jimny mempunyai power sebesar 100,5 dk pada 6.000 rpm, dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm. Dan untuk All New Ertiga mempunyai power sebesar 104,7 dk pada 6.000 rpm, dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm.

Jika output power Jimny lebih kecil, belum tentu performanya akan di bawah All New Ertiga lho Nymouser. Sebab melihat jenis mobilnya juga berbeda, bobotnya pun berbeda.


Bobot kosong Jimng hanya 1.090 kg, sedangkan All New Ertiga memiliki bobot 1.125 kg. Artinya, Jimny bisa meraih torsi maksimun di rpm yang sedikit lebih rendah dari All New Ertiga.

Jadi, Jimny akan terasa lebih ringan dan enteng, ditambah lagi Jimny memiliki penggerak roda 4WD. Itu artinya Jimny cocok untuk di ajak off-road.


Laporan: Abraham Augusto Tambunan

Jumat, 06 Juli 2018

Vespa Sprint Carbon Edisi Terbatas Hanya Dibanderol Rp 42,5 Juta

Vespa Sprint Carbon Edisi Terbatas Hanya Dibanderol Rp 42,5 Juta


Otonymous - PT. Piaggio Indonesia meluncurkan warna baru yang lebih sporty dan berkarakter melalui Vespa Sprint Carbon edisi terbatas.

Warna dan motif yang disematkan pada Vespa Sprint Carbon ini mempertegas karakter dan menambah kesan dengan tampang yamg misterius.


"Vespa Sprint Carbon lahir untuk memenuhi keinginan para pecinta skuter Vespa yang berkarakter kuat dan berani mengekspresikan diri. Skuter ini merupakan panduan lengkap stabilitas berkendara, efisiensi dan kenyamanan," ujar President Director PT. Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, saat launching Vespa Spint Carbon, Jakarta, Kamis (5/7/18).


Vespa Sprint Carbon ini hanya dijual beberapa unit saja lho Nymouser, karena ini adalah edisi terbatas. "Jumlahnya hanya 10 persen dari total permintaan Vespa," kata Marco.

Vespa Sprint Carbon ini memiliki beberapa kelebihan teknologi yang dimiliki Vespa, yakni mesin i-Get, sistem pengereman ABS, Immobilizer, dan port USB.


Penunjang lainnya, Vespa Sprint Carbon menggunakan velg ukuran 12" dengan kelir hitam dan sentuhan warna merah, jok single seater, dan balutan karbon yang disempurnakan dengan stiker Rosso Dragon.

Untuk harga, Vespa Sprint Carbon ini hanya dibanderol Rp 42,5 juta (OTR Jakarta), tidak berbeda jauh dengan model biasa. Apakah Nymouser berminat meminang skuter Vespa edisi terbatas ini?


Laporan: Abraham Augusto Tambunan
Bulan Ini, Suzuki Bandit 150 Siap Mengaspal Di Indonesia

Bulan Ini, Suzuki Bandit 150 Siap Mengaspal Di Indonesia


Otonymous - PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyatakan telah siap meluncurkan motor sport naked terbarunya, yakni Suzuki Bandit 150. Beberapa pekan ke depan Bandit 150 mulai mengaspal di Indonesia.

Sales &Marketing 2W Departement Head SIS, Yohan Yahya, mengatakan Suzuki Bandit 150 sebagai penantang Honda CB150R dan Yamaha V-Ixion, dan akan meluncur kurang dari sebulan lagi di Indonesia.


"Ya kami harapkan tidak sampai sebulan. Kami harapkan ya," ujar Yohan Yahya, dikutip dari Antaranews.

Nama Suzuki Bandit memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, pasalnya motor ini pernah menjadi motor yang fenomenal pada jamannya. Bandit 150 merupakan model sport naked yang berada di segmen yang berdekatan dengan GSX-S150. Namun Yohan memastikan bahwa karakter konsumen dari kedua produk tersebut akan berbeda.


"Motor sport kami pun dipilah-pilah dan masing-masing ada segmennya tersendiri. Jadi kalau ditanya takut, ya enggak karena ada segmennya sendiri-sendiri," jelasnya.

Yohan belum menjelaskan rentang harga dan lokasi produksi Bandit 150, namun dirinya berharap penjualan Bandit 150 dapat melampaui GSX-S150.


Laporan: Abraham Augusto Tambunan