Kamis, 19 Juli 2018

Motor Honda Jadul Lebih Dulu Pakai 'Air Suspension'

SHARE

Otonymous - Jaman sekarang sepertinya sedang tren dengan yang namanya 'air suspension' yaitu fungsi shockbreaker yang dapat di naik turunkan menggunakan angin.

Mungkin sebagian besar banyak yang belum mengetahui bahwa fitur ini telah lama digunakan, seperti pada motor Honda GL Pro dan GL Max lansiran 80-90 an. Tertera jelas tulisan 'Air Suspension' pada shock depan kedua motor tersebut.


Air suspension pada GL Pro dan GL Max ini memang berbeda dari air suspension aftermarket yang biasa digunakan pada motor atau mobil yang sudah dimodifikasi.


Pengalaman dari banyak pemilik motor tersebut menduga bisa di isi angin melalui kompresor yang ada di tambal ban, namun hal tersebut ternyata salah besar.


Sebenarnya udara yang berada di dalam shock depan itu berisi nitrogen dengan tekanan yang sudah ditentukan. Suspensi teleskopik ini memiliki jarak main 135 mm. Lubang untuk mengisi udara terletak pada bagian atas shock, dekat dengan setang motor.

Dan perlu diketahui, meski namanya air suspension, suspensi ini tidak hanya berisi udara saja, namun tetap membutuhkan oli shock juga. Dengan volume 159 cc yang kerjanya birsinergi dengan nitrogen.


Laporan: Abrahan Augusto Tambunan
SHARE

0 komentar: