Selasa, 19 Juni 2018

Bukan Sekedar Variasi, Ini Fungsi Dari Jalu Setang Sepeda Motor

SHARE

Otonymous - Dalam merancang sebuah sepeda motor, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya bagaimana sepeda motor itu akan terasa nyaman saat dikendarai.


Berbagai komponen dibentuk demi menunjang kenyamanan sepeda motor tersebut. Selain jok dan pijakan kaki, setang juga menjadi bagian yang disentuh oleh Nymouser.

Pada ujung setang, pasti terdapat besi yang berbentuk tabung atau biasa kita sebut dengan jalu setang. Mungkin sebagian besar dari Nymouser beranggapan fungsi jalu setang hanya untuk menjaga tuas gas tetap aman ketika motor terjatuh. Namun ternyata ada fungsi lainnya lho!

Fungsi lain dari jalu setang ternyata untuk menyerap getaran yang terjadi akibat jalan yang tidak rata atau getaran dari perputaran mesin. Dan jalu setang ini juga berfungsi sebagai penyeimbang, karena itulah bahannya terbuat dari besi utuh.


Bila Nymouser lihat bentuk, ukuran, dan bobotnya. Setiap motor terkadang akan bervariasi, sesuai dengan kapasitas dan dimensi motor. Jadi untuk Nymouser, pikir-pikir lagi ya niat untuk melepas jalu setang.


SHARE

0 komentar: