Jumat, 16 Maret 2018

Pria Asal Belanda Ini Keliling Dunia Mengkampanyekan Mobil Listrik, Indonesia Turut Dikunjunginya

SHARE
Source: GridOto

Otonymous - Wiebe Wakker (31), adalah warga asal negara Belanda yang selama dua tahun ini berkeliling dunia untuk mengkampanyekan mobil listrik yang ramah lingkungan. Dia memulai perjalanannya sejak 15 Maret 2015 dari Belanda dan telah melewati 31 negara dari 33 negara yang ditergetkannya. Daratan yang telah dilaluinya ialah Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Asia dengan menempuh jarak 60.000 kilometer.


Wakker masuk Indonesia sejak 15 Desember 2017 lalu. Masuk melalui Malaysia ke Pontianak, Kalimantan Barat, Wakker melanjutkan perjalanan ke timur Indonesia. Setelah Indonesia, negara selanjutnya yang akan dikunjungi ialah Australia.


Kampanye ini dilakukannya agar banyak masyarakat mengerti betapa pentingnya mobil bertenaga listrik demi keberlangsungan hidup manusia yang lebih bersih tanpa polusi udara tanpa asap buang pembakaran yang berbahaya. Normalnya, mobil listrik yang digunakannya dibutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk pengisian baterai hingga terisi penuh, dan dapat menempuh jarak 200 kilometer dengan kecepatan maksimal 180 km/h tanpa menghidupkan AC.


Mobil yang dia gunakan awalnya berbasis mobil berbahan bakar bensin, namun dimodifikasi menjadi mobil listrik dengan biaya 80.000 euro atau sekitar 1,3 miliar rupiah. Wakker mengungkapkan, Indonesia memiliki sumber daya yang dapat dimanfaatkan dan murah, karena Indonesia memiliki posisi dekat dengan garis khatulistiwa. Dengan sumber daya matahari, pemakaian mobil listrik akan semakin efektif dengan solar cell.



SHARE

Author: verified_user

0 komentar: