Kamis, 18 Januari 2018

Cara Menonaktifkan Fitur CBS Pada Motor Matic Honda

SHARE

otonymous.blog - Banyak yang beranggapan bahwa fitur Combi Break System (CBS) pada motor matic pabrikan Honda bukanlah fitur yang bermanfaat bagi sebagian penggunanya, malah di anggap sebagai fitur yang dapat membahayakan penggunanya. Pasalnya, ketika kita menarik handle rem belakang maka rem depan pun akan ikut tertarik. Dalam beberapa hasil penelusuran otonymous ternyata masih banyak terjadi kecelakaan yang di akibatkan oleh adanya fitur ini atau mungkin karena faktor human error.

Kecelakaan yang sering terjadi akibat fitur ini ialah saat berada di tikungan, bisa disimpulkan bahwa menggunakan rem depan saat menikung sangatlah beresiko untuk terjadinya crash. Untuk nymouser yang mungkin suka riding jauh, mungkin tidak direkomendasikan untuk fitur ini. Karena dalam kecepatan tinggi dan bagi yang belum mengetahui bagaimana trek yang di hadapi (dimana akan ada tikungan, lubang, atau jalan berpasir) itu sangat berbahaya untuk menghindar dengan cara mendadak, karena kemungkinan nymouser akan tergelincir jatuh.

Kali ini otonymous akan memberikan sedikit tips & trik kepada para nymouser yang belum mengetahui cara untuk menonaktifkan fitur CBS, karena menurut otonymous cara ini yang sangat mudah diterapkan bagi semua motor matic Honda tanpa merusak modul CBS itu sendiri dan otonymous telah mencobanya dan hasilnya bekerja dengan baik. Penonaktifan CBS ini dilakukan di Honda Vario 125 CBS-ISS milik salah satu team redaksi otonymous.

Doc. Otonymous
Doc. Otonymous
Langkah pertama yang harus dilakukan oleh para nymouser adalah melepas tali pengait seperti gambar di atas yang terkoneksi ke handle rem depan, karena tujuan per inilah yang berfungsi untuk menarik dan mengulur handle rem depan ketika menarik handle belakang, jadi nymouser harus melepasnya.

Doc. Otonymous
Langkah kedua carilah mur ukuran 12 mm bekas pentil ban dalam motor.

Doc. Otonymous
Dan langkah ketiga ialah gantikan fungsi per tersebut menggunakan mur ukuran 12 mm dari pentil ban dalam motor, karena fungsi mur tersebutlah yang menghentikan efek tarik handle rem depan saat menarik handle rem belakang.

Nah cukup mudahkan nymouser, begitulah cara yang dapat nymouser lakukan untuk menonaktifkan fitur CBS pada motor matic Honda bagi yang mengganggap fitur ini berbahaya.

NB: Tidak semua pengguna fitur CBS mengganggap fitur ini berbahaya, bahkan banyak juga yang menganggap fitur ini sangat membantu sistem pengereman menjadi lebih stabil. CBS tidak diperuntukan bagi para nymouser yang suka cornering atau menikung. Jadi untuk nymouser tanggapilah dengan bijak penggunaan mana yang tepat untuk cara berkendaranya.


By Abraham Augusto Tambunan
SHARE

Author: verified_user

0 komentar: